Pilkada Solo 2015 Bisa Saja Selenggarakan Pilkada Langsung

No comments
Ini Alasan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo

FX Hadi Rudyatmo


Di tengah hiruk pikuk dan polemik soal hasil sidang DPR yang mengesahkan pilkada tidak langsung, Pemda Surakarta, kota yang merupakan tempat tingggal asal kampung halaman Jokowi, malah optimistis bakal menggelar pilkada langsung.

Menurut Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo optimistis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada April 2015 bisa digelar secara langsung.

Ia berkata "Saya kok optimistis pilkada bisa digelar langsung," kepada wartawan di Balai Kota Surakarta.

Undang-Undang (UU) tentang Pilkada yang baru saja disahkan DPR sulit diterapkan lantaran terganjal UU tentang Susunan dan Kedudukan (Susduk) DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten, menurut Rudy.

Ia pun mengatakan, UU Pilkada tidak bisa serta merta langsung diterapkan. Untuk menerapkan undang-undang itu masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

"Tidak gampang untuk menerapkan UU Pilkada tersebut dan perlu ada revisi UU lainnya yang terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah," imbuhnya.

Rudy menilai UU Pilkada lebih baik dicabut. Karena menurutnya, proses pelaksanaan pilkada langsung lebih baik dibanding pilkada tidak langsung.

Hal demikian lebih efektif dilakukan karena masyarakat diikut sertakan dalam proses demokrasi yang ada. Masyarakatpun bisa memilih sendiri pimpinan mereka sesuai dengan keinginan tanpa adanya campur tangan DPRD.

Dia mengatakan "Jadi kalau di Solo kemungkinan ya tetap digelar langsung. Lebih baik langsung dari pada tidak langsung,".

Sumber : News.bisnis

No comments :

Post a Comment