Pilkada 2015 Dinilai Efektif, Bila Publikasi C1 Akan Diterapkan

No comments
Husni Kamil Ketua KPU


Banyak Kalangan mengapresiasi tentang publikasi hasil rekapitulasi perolehan suara atau C1 Pemilu 2014 terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, hal demikian merupakan langkah transfaran pada proses pemilu presiden dan legislatif yang akan diselenggarakan.

Maka dari itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menerapkan sistem serupa dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

Ketua KPU Husni Kamil Manik di Batam, Kepulauan Riau, berkata "(publikasi C1) kita akan buat peraturannya. Nanti mereka harus melakukan itu (publikasi C1) supaya proses pilkada benar-benar bisa dipantau semua pihak,"

"Dia, mengatakan proses tersebut merupakan lompatan yang dilakukan KPU guna menciptakan transparansi kepada masyarakat. "Publikasi formulis C1 lompatan kita. Yang dulu susah didapatkan menjadi sangat mudah didapatkan. Itu salah satu pencapaian yang sebelum-sebelumnya belum ada,".

Terkait dengan anggaran, Husni Kamil Manik pria kelahiran Medan itu mengaku hingga kini KPU belum menerima anggaran untuk menyelenggarakan pilkada secara serentak pada tahun 2015. Padahal, anggaran itu penting guna melakukan supervisi untuk memastikan penyelenggaran pilkada sesuai dengan UU yang telah mengaturnya serta melakukan monitoring saat pemungutan suara berjalan secara langsung.

Husni Kamil Manik berkata "Perppu itu memberi tanggung jawab yang besar bagi KPU dan Bawaslu RI. Tapi anggaran untuk pilkada serentak 2015 belum tersedia. Untuk sementara, beban itu diletakkan di KPU. Maka kita perlu anggaran yang memadai,".


Sumber : Metro TV News

No comments :

Post a Comment