Hasil Quick Count Pilbup Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) 2015

No comments
Logo kabupaten Toba Samosir

Kabupaten Samosir merupakan satu diantara daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang turut serta dalam pelaksanaan Pilkada serentak pada, Hari Rabu 9 Desember 2015. Pemilukada (Pemilihan umum kepala daerah) yang digelar untuk memilih pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati untuk periode 5 tahun ke depan.
Dalam penghitungan suara manual yang dilakukan KPU diawali pada tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan tersebut dilakukan oleh KPPS setelah para pemilih selesai melaksanakan pencoblosan.


Dari hasil penghitungan tersebut kemudian akan dilaporkan ke tingkat PPS di KPUD untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara. Nah, dari Hasil inilah yang nantinya akan menentukan pasangan mana yang unggul dan menjadi pemenang untuk duduk pada posisi kursi tertinggi di daerah ini.

Dalam hal lain, ada pula pihak lain yang melakukan penghitungan, misalnya pihak independen atau dari pasangan cagub itu sendiri. Cara yang digunakan adalah hitung cepat atau quick count ataupun real count  dengan mengambil sampel dari hasil penghitungan surat suara di beberapa TPS. Biasanya hasil persentase tidak jauh dengan hasil hitung manual KPU. Namun demikian hasil KPU-lah yang dianggap sah oleh KPU.

(Untuk hasil dibawah ini akan selalu kami update setiap ada perubahan, bila hasil masih tidak terisi lakukan tindakan merefresh atau kunjungi laman kami beberapa menit kemudian)

Adapun Hasil dalam perolehan suara calon Bupati/Wakil Bupati Samosir tahun 2015:

Real Count KPU Hasil Hitung TPS (Form C1). Data Masuk: 100% (470 dari 470 TPS).

  1. Ir. Darwin Siagian dan Ir. Hulman Sitorus, MM. Mendapatkan : 39990 Suara (42,81%).
  2. Ir. Poltak Sitorus, M.Sc dan Robinson Tampubolon, SH. Mendapatkan : 31581 Suara (33,81%).
  3. Drs. Monang Sitorus, SH dan Chrissie Sagita Hutahaean. Mendapatkan : 21835 Suara (23,38%).

No comments :

Post a Comment